Pada hari Rabu, 15 Mei 2024, seluruh siswa kelas X dan XI SMA PGRI Purwoharjo berkumpul di Mushola sekolah untuk mengikuti kegiatan Nonton Bareng (Nobar) Webinar Literasi Digital dengan judul “Cakap Digital Dengan Bijak Bermain Game”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan literasi digital para siswa di era digital.
Acara Nobar diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMA PGRI Purwoharjo, Ibu Yetty Dwi Ariani, S.S. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada Kominfo atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap para siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang literasi digital, khususnya dalam bermain game yang bijak.
Webinar “Cakap Digital Dengan Bijak Bermain Game” menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang literasi digital dan game. Dalam webinar tersebut, para narasumber membahas berbagai topik terkait literasi digital dalam bermain game, seperti:
- Dampak positif dan negatif bermain game
- Tips memilih game yang edukatif dan aman
- Cara menghindari penipuan dan cyberbullying dalam game
- Etika bermain game yang baik dan bertanggung jawab
- Para siswa antusias mengikuti webinar tersebut dan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber.
- Hal ini menunjukkan bahwa para siswa sangat tertarik dengan topik literasi digital dalam bermain game.
Diharapkan dengan mengikuti kegiatan Nobar Webinar Literasi Digital ini, para siswa SMA PGRI Purwoharjo dapat meningkatkan cakap digital mereka dan menjadi pengguna internet yang bijak, khususnya dalam bermain game.
Informasi Tambahan:
Kegiatan Nobar ini merupakan bagian dari program Literasi Digital Nasional yang digagas oleh Kominfo.
Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber secara kritis dan bertanggung jawab.
Bermain game secara bijak berarti bermain game dengan cara yang positif, edukatif, dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Pesan Moral:
Di era digital saat ini, penting bagi para siswa untuk memiliki literasi digital yang baik, khususnya dalam bermain game. Dengan literasi digital yang baik, para siswa dapat memanfaatkan internet dengan aman dan bertanggung jawab.